College World








    Ini yang paling aku pengen ceritain ke kalian semua, btw  aku udah ngasi tau dipostingan pertama kalo ngambil jurusan Ilmu Perpustakaan, berbicara mengenai ilmu perpustakaan pasti yang ada dipikiran kalian itu kerjanya jagain buku, yakan? heheheh, gapapa kok santai aja, jujur pas zaman SMA aku dulu juga mengira kalo Ilmu Perpustakaan tugasnya ya seperti itu, BUTTTTT ketika aku terjun langsung masuk kedalam jurusan tersebut wahhhh aku agak culture shock hehehe, karena emang jurusan ini ternyata belajarnya luas bangetttt dan dijamin kalian gak bakal nyesel masuk ke jurusan ini. Kalian mau tau gak apa aja keuntungan yang bisa kalian ambil kalo memilih jurusan ini buat masa depan kaliann? ceelahh masa depan wkwk, ngomongin masa depan kalian pasti gak mau dong salah jalan atau salah arah, maka dari itu, kalian baca informasi yang aku posting nih disini, gak salah banget kan kalian iseng-iseng liat blog aku, iseng-iseng berhadiah xixixixi, yuk langsung aja kalian baca apa saja keuntungan yang nanti kalian dapat.

Di jurusan ini tidak hanya mempelajari mengenai buku, tetapi belajar mengenai banyak hal, seperti manajemen, psikologi, digital marketing, teknologi informasi, kearsipan, desaign tata ruang, database, dsbnya. Hayoo, banyak banget kan yang di pelajari dalam jurusan ini, makanya beruntunglah kalian yang sudah mengetahui seluk beluknya ilmu perpustakaan xixixi, dijamin gak bakal nyesel. Kalian gausah pusing-pusing soal kerjaan, karna disetiap instansi pasti dibutuhkan orang yang seperti kita, insyallah. Terlebih lagi yang punya skill bidang arsip dan melek teknologi yakan, instansi mana yang nolak kalo kita punya skill seperti itu hihihi, enaknya di jurusan ini kita udah disuguhin beberapa skill buat masa depan kita nantinya, tinggal kalian kembangin deh. 

    Kuliah di jurusan ilmu perpustakaan memiliki prospek kerja yang luas diberbagai macam instansi, kalian bisa menjadi seorang sekretaris, pustakawan, arsiparis, desagin interior, menjadi IT, pengelola database, dsbnya, jadi kalian tidak perlu khawatir dan berasumsi bahwa ilmu perpustakaan kerjaanya hanya menjaga sebuah buku, sebenarnya gapapa ko jaga buku, buku aja kita jaga dan rawat apalagi kamu hiyahiyahiya. Pada intinya jurusan ilmu perpustakaan itu mempelajari bagaimana mengolah, mengelola dan mengkomunikasikan atau mendiseminasikan informasi. Informasi itu bisa dari banyak media, dari buku sampai digital. Lalu, bukan hanya soal teknis saja, tapi juga aspek manajerial perpustakaan dan arsip. Kalian harus merasakannya sendiri bagaimana dampak dan nikmatnya masuk jurusan ini hihihi, fyi jurusan ilmu perpustakaan memiliki khasnya masing-masing disetiap universitas, buat jurusan ini di UIN Syarif Hidayatullah tempat aku berkuliah lebih mempelajari ke teknologi informasi, jadi setiap univ itu berbeda-beda ya. 

    Fyi juga nih temen-temen, jurusan Ilmu Perpustakaan ini gak semua universitas ada ya, jangan nanya kenapa ya? soalnya aku juga gak tau kenapa begitu:(, emang adanya seperti itu hehehe. Aku juga mau kasih tau ke kalian, buat yang mau kuliah nanti jangan ngikut-ngikut temen ya kalo milih jurusan hihihihi, ikutin aja apa kata hati kalian dan apa mau kalian, karena jujur ini bakal berdampak ke kalian buat kedepannya. Kalo kalian ikut-ikutan, kedepannya nanti akan jadi malas dan setengah hati ngejalanin kuliahnya:(, kuliah ini menurut aku suatu hal yang penting mau gamau harus pake hati biar seneng terus bawaannya hihihi, tapi kalo make hatinya ke cowok terus jangan ya temen-temen hehehe, jangan jadi cewek yang gampangan😊.

Akhir kata, untuk kalian yang baca blog ini aku tunggu kalian pilih jurusan ini ya hihihi, kita buktiin ke mereka kalo jurusan ini gak se-sepele yang mereka fikirkan dan memiliki prospek kerja yang luas, oke sekian postingan aku kali ini semoga bermanfaat, tungguin aku di postingan selanjutnya yaa!! dengan tema yang berbeda xixixxi, babayyy dan jangan lupa bahagia selalu dan jaga kesehatan semuanyaa... SALAM LITERASI heheheh.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. sangat bermanfaat bgt informasiinyaa, terimakasihh

    BalasHapus
  2. Wkwk, buat kalian yang masih bilang kalo jurusan ilmu perpustakaan itu belajar nya tentang buku aja kalian salah besar ya. Begitu juga dengan jurusan-jurusan lainnya. Jadi, jangan memandang sebelah mata ya

    BalasHapus
  3. Informasinya bikin saya jadi melek trhdp prodi ilmu perpustakaan, terimakasih ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. betulll jangan pandang sebelah mata jurusan ilpus!!!!

    BalasHapus